by

Dispersip Kalsel Berperan Serta Cegah Penyalahgunaan Narkoba

BHARINDO BANJARBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan memaksimalkan peran untuk ikut serta mencegah penyalahgunaan narkoba, pada momentum peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni memberikan edukasi pada masyarakat, dengan menghadirkan dua pembicara utama secara daring, yaitu Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalsel Brigjen Pol Jackson Lapalonga dan Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Tri Wahyudi yang memberikan paparan terkait pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani, mengatakan Dispersip Kalsel akan terus berupaya menyediakan layanan perpustakaan yang baik dan nyaman, untuk menarik minat masyarakat dan generasi muda agar dekat dengan buku, dan mencegah masyarakat terjerumus pada penyalahgunaan narkoba.

“Selain ikut memberikan edukasi kepada masyarakat luas, dengan hadirnya perpustakaan kita yang saat ini dapat dibanggakan dan gencarnya promosi minat baca, diharapkan bisa menjauhkan generasi kita dari penyalahgunaan narkoba,” kata Nurliani, Banjarmasin, Jumat (25/6/2021).

Sementara itu, Kepala BNNP Kalsel, Brigjen Pol Jackson turut mengapresiasi partisipasi Dispersip Kalsel dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba yang diharapkan berkelanjutan, hingga tersedianya buku-buku terkait narkoba agar dapat dibaca dan dipahami untuk dapat menjauhkan pemustaka dari narkotika.

“Perpustakaan yang merupakan sumber ilmu, dapat menumbuhkan minat baca dan menulis, juga berperan dalam pencegahan. Terlebih juga peran orang tua sangat penting untuk dapat mengarahkan dan menyibukkan anak-anaknya ke arah yang positif, salah satunya perpustakaan,” ucap Brigjen Pol Jackson.

Pada kesempatan itu, kedua narasumber juga diajak langsung melihat berbagai ruang baca, mulai dari perpustakaan umum, perpustakaan anak, hingga taman baca, yang membuat kedua pejabat memuji kelengkapan fasilitas dan kenyamanan sumber belajar milik Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut. (usup)

banner 300250

News Feed